Penerbit Goresan Pena Penerbit Goresan Pena Author
Title: PEMBELAJARAN PROSES PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA MELALUI MEDIA LACAK NUSANTARA
Author: Penerbit Goresan Pena
Rating 5 of 5 Des:
Telah Terbit ================================== Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu membangkitkan sisw...





==================================
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu membangkitkan siswa sehingga dapat berpasrtisipasi aktif dengan sukarela dan bermakna bagi kehidupannya. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar-mengajar, bertindak sebagai fasilitor yang berusaha mencipatakan kondisi belajar mengajar yang efektif, sehingga memungkinkan proses belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai. Untuk memenuhi hal tersebut di atas, guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa, sehingga ia mau belajar karena siswalah subyek utama dalam belajar.

Pemilihan strategi dan media yang sesuai dengan karakteristik dan mata pelajaran sangat penting agar tujuan pembelajaran tercapai. Penggunaan media Lacak Nusantara sebagai media pendidikan dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPS  berpengaruh terhadap keberhasilan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta perubahan sikap dan perilaku karena interaksi antara pengalaman baru dengan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya. Hal ini sesuai dengan pendapat Bruner dalam Azhar Arsyad (2009:7) yang menyatakan ada tiga tingkatan utama modus belajar, yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman pictorial (iconic), dan pengalaman abstrak (syimbolic).  Dengan menggunakan media lacak nusantara yang berisi kotak kotak informasi dan peta siswa memperoleh pengalaman langsung dan melihat gambar peta serta dapat memahaminya. Sementara itu, Dale  memperkirakan bahwa pemerolehan hasil belajar melalui indra pandang (visual) berkisar 75%, melalui indera dengar sekitar 13%, dan melalui indera lainnya sekitar 12%. Selanjutnya Edgar Dale  mengklasifikasikan pengalaman menurut tingkatan yang paling konkret ke yang paling abstrak. Klasifikasi tersebut dikenal dengan Keucut Pengalaman (Cone of Experience).

Penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media lacak nusantara pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proses Perkembangan Agama Islam di Indonesia sesuai dengan karakteristik siswa di mana siswa SMP kelas VII masih senagn dengan permainan. Media Lacak Nusantara merupakan media peta dikombinasikan dengan kotak-kotak angka yang berisi pernyataan atau pertanyaan  tentang materi proses perkembangan agama Islam di Indonesia. Siswa belajar menemukan proses masuknya dan berkembangnya agama Islam di Indonesia dengan suasana kompetitif dan menyenangkan.
==================================
PEMBELAJARAN PROSES PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA MELALUI
MEDIA LACAK NUSANTARA

Kuningan © 2019, Ratna Juwita, S.Pd.

Editor : Tim Pena
Setting : Goresan Pena Publishing
Penata Isi : Tim Pena
Desain Sampul : C. I. Wungkul

Referensi
127 hlm. ; 14 x 21 cm
ISBN : 978-602-364-716-3

Cet. I, Mei 2019

Soft Cover
Harga: Rp.55.000
(belum ongkos kirim)
==================================

Untuk Pemesanan:
SMS/WA/Telp. : 085 2214 2241 6
IG : @penerbit_gp
Inbox FB : Iwan Wungkul

Posting Komentar Blogger

 
Top