==================================
Berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari
kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang meliputi berpikir kritis, berpikir
kreatif, berpikir analitik, pemecahan masalah, mensintesis, mengaplikasi, dan
mengevaluasi. Selain kemampuan berpikir
kritis sikap ilmiah juga merupakan tujuan utama dari pendidikan IPA karena sikap ilmiah adalah salah satu aspek penting
dari ilmu pengetahuan.
Keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah perlu
dibekali bagi setiap siswa agar mampu bertahan dalam masyarakat yang kompetitif
dengan dimilikinya kemampuan
berpikir kritis dan sikap ilmiah
diharapkan siswa mampu menghadapi
perubahan serta tantangan dalam kehidupan yang selalu berkembang. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran IPA harus
dapat meningkatkan keterampilan berpikir
kritis dan sikap ilmiah siswa agar siswa memiliki jiwa seorang saintis dan
terbentuk generasi yang berkarakter.
Salah satu model pembelajaran yang dianggap cocok dan
dapat dituangkan dalam suatu lembar kerja adalah discovery learning. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat
membantu penyelenggaraan pembelajaran yang aktif bagi siswa adalah dengan
adanya LKS yang disusun dengan model pembelajaran berbasis discovery learning.
Pembelajaran discovery learning mengarahkan peserta didik untuk memahami
konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai
kepada suatu kesimpulan serta penemuan
konsep tidak disajikan dalam bentuk akhir, tetapi peserta didik didorong untuk
mengidentifikasi apa yang ingin diketahui dan dilanjutkan dengan mencari
informasi sendiri kemudian mengorganisasi atau mengonstruksi apa yang mereka
ketahui dan pahami dalam suatu bentuk akhir.
Konten buku ini secara khusus memaparkan tahapan demi
tahapan dalam mengembangkan LKS berbasis discovery learning. Adapun tahapan penyusunan LKS, meliputi 1) Menentukan
judul-judul LKS, 2) Penyusunan materi, 3) Memperhatikan struktur LKS seperti
judul, petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung,
tugas-tugas dan langkah-langkah kerja.
Rancangan LKS yang dikembangkan terdiri dari: 1) Bagian pendahuluan, 2) Bagian isi, 3)
Bagian penutup. Data kuantitatif dalam buku ini telah divalidasi oleh tim ahli
dan rekapitulasi data yang ditampilkan merupakan bagian dari pengembangan LKS
berbasis discovery learning.
==================================
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY
LEARNING
Kuningan © 2019, Yenni Yunartin, M.Pd.
Editor : Tim Pena
Setting : Goresan Pena Publishing
Penata Isi : C. I. Wungkul
Desain Sampul : C. I. Wungkul
Referensi │Non
Fiksi
209 hlm. ; 14 x 21 cm
ISBN : 978-602-364-671-5
Cet. I, Maret 2019
Soft Cover
Harga: Rp.60.000
(belum ongkos kirim)
==================================
Untuk Pemesanan:
SMS/WA/Telp. : 085 2214 2241 6
IG : @penerbit_gp
Inbox FB : Iwan Wungkul
Posting Komentar Blogger Facebook