Penerbit Goresan Pena Penerbit Goresan Pena Author
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING - Yenni Yunartin, M.Pd.
Author: Penerbit Goresan Pena
Rating 5 of 5 Des:
Telah Terbit ================================== Berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari kemampuan berpikir ting...





==================================
Berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang meliputi berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir analitik, pemecahan masalah, mensintesis, mengaplikasi, dan mengevaluasi.  Selain kemampuan berpikir kritis  sikap ilmiah juga merupakan  tujuan utama dari pendidikan IPA karena  sikap ilmiah adalah salah satu aspek penting dari ilmu pengetahuan.

Keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah perlu dibekali bagi setiap siswa agar mampu bertahan dalam masyarakat yang kompetitif dengan dimilikinya kemampuan  berpikir   kritis dan sikap ilmiah diharapkan  siswa mampu menghadapi perubahan serta tantangan dalam kehidupan yang selalu berkembang.  Oleh karena itu  dalam proses pembelajaran IPA harus dapat  meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa agar siswa memiliki jiwa seorang saintis dan terbentuk generasi yang berkarakter. 

Salah satu model pembelajaran yang dianggap cocok dan dapat dituangkan dalam suatu lembar kerja adalah discovery learning.  Salah satu alternatif yang diharapkan dapat membantu penyelenggaraan pembelajaran yang aktif bagi siswa adalah dengan adanya LKS yang disusun dengan model pembelajaran berbasis discovery learning. Pembelajaran discovery learning mengarahkan peserta didik untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan  serta penemuan konsep tidak disajikan dalam bentuk akhir, tetapi peserta didik didorong untuk mengidentifikasi apa yang ingin diketahui dan dilanjutkan dengan mencari informasi sendiri kemudian mengorganisasi atau mengonstruksi apa yang mereka ketahui dan pahami dalam suatu bentuk akhir. 

Konten buku ini secara khusus memaparkan tahapan demi tahapan dalam mengembangkan LKS berbasis discovery  learning. Adapun tahapan  penyusunan LKS, meliputi 1) Menentukan judul-judul LKS, 2) Penyusunan materi, 3) Memperhatikan struktur LKS seperti judul, petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, tugas-tugas dan langkah-langkah kerja.   Rancangan LKS yang dikembangkan terdiri dari:   1) Bagian pendahuluan, 2) Bagian isi, 3) Bagian penutup. Data kuantitatif dalam buku ini telah divalidasi oleh tim ahli dan rekapitulasi data yang ditampilkan merupakan bagian dari pengembangan LKS berbasis discovery  learning.
==================================
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING

Kuningan © 2019, Yenni Yunartin, M.Pd.

Editor : Tim Pena
Setting : Goresan Pena Publishing
Penata Isi : C. I. Wungkul
Desain Sampul : C. I. Wungkul

Referensi │Non Fiksi
209 hlm. ; 14 x 21 cm
ISBN : 978-602-364-671-5

Cet. I, Maret 2019

Soft Cover
Harga: Rp.60.000
(belum ongkos kirim)
==================================

Untuk Pemesanan:
SMS/WA/Telp. : 085 2214 2241 6
IG : @penerbit_gp
Inbox FB : Iwan Wungkul

Posting Komentar Blogger

 
Top